Halaman

Sabtu, 05 Desember 2020

Himmaprodi MPI INSUD Gelar Pelatihan Jurnalistik Bersama Jurnalis NU Online

Dokumentasi Acara Pelatihan Jurnalistik 

   Lamongan, Himmaprodi MPI INSUD - Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himmaprodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan Jawa Timur mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Gedung Baru INSUD dengan pemateri dari Jurnalis NU Online, Syarif Abdurrahman. Kamis (03/12/2020)

Jurnalis NU Online, Pemateri Pelatihan Jurnalistik

   Acara ini dihadiri oleh beberapa peserta dari mahasiswa dan mahasiswi prodi MPI dan juga beberapa prodi luar MPI seperti Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Selain peserta pelatihan jurnalistik dari mahasiswa INSUD sendiri, ada juga peserta dari luar INSUD, seperti Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung), Institut Agama Islam Tarbiatul Tholabah ( IAI TABAH), dan Universitas Islam Lamongan (UNISLA).

Peserta Pelatihan Jurnalistik

   "Acara pelatihan jurnalistik ini merupakan acara tahunan yang kami adakan setiap satu periode sekali, tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk memberi wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pentingnya menulis dan melatih mahasiswa agar mampu menulis dengan kreatif. Selain itu, output yang kami harapkan dari pelatihan jurnalistik ini adalah kami mampu menjaring kader-kader jurnalis maupun penulis untuk menjadi Tim Redaksi Majalah Gemmuruh, majalah kebanggaan prodi MPI" tutur Ketua Himmaprodi MPI, Nurdianto.

   Pelatihan Jurnalistik ini berlangsung dengan lancar, dimulai pada pukul 09.30 sampai pukul 16.00 WIB. Selama pelatihan, peserta mendapat 2 materi dari Jurnalis NU Online, materi yang pertama adalah tentang pendalaman jurnalistik serta majalah. Materi yang kedua adalah teknik pembuatan berita. Setelah penyampaian materi di forum, tim panitia juga membuat outbond yang bertujuan untuk memberikan stimulus agar peserta dapat  praktek secara langsung terhadap materi yang telah peserta dapatkan  melalui  outbond tersebut. Yang mana peserta di suruh mencari benda yang ada di halaman Gedung INSUD kemudian dari benda tersebut para peserta  membuat karya seperti berita, puisi, ataupun artikel terkait benda yang didapatkan itu, setelah itu mereka mempresentasikan karya mereka di depan teman-temannya dan pendamping kelompoknya. 

Kegiatan Outbond Peserta Jurnalistik

   "Saya selalu senang dengan kegiatan yang dibuat oleh kakak-kakak Himmaprodi MPI. Selalu bermanfaat bagi kita yang notabene masih menjadi mahasiswa baru dan masih sangat haus akan pengetahuan yang ada di kampus. Semoga Himmaprodi MPI semakin inovatif dan kreatif dalam membuat kegiatan-kegiatannya yang lain", pungkas Anisa Miftahul Jannah, salah satu peserta jurnalistik saat diwawancarai oleh pihak panitia jurnalistik.

(Shoimah/Yunita)


Penulis : Ike Nurul Fitrotus Shoimah

Editor : Yunita Viva Firdaus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar